Jaman sekarang sangat sulit ditemukan makanan yang higenis, khususnya untuk anak-anak, banyak penjual  yang ada sekarang ini yang justru menghalalkan  berbagai cara untuk mengeruk keuntungan yang sebesar-besarnya. Dampaknya, akan membahayakan kesehatan anak-anak kita. Sebagai orang tua kita harus pintar, mencegah anak-anak agar tidak mengkonsumsinya. Salah satunya dengan membuat makanan rumahan yang  tentu saja aman di konsumsi anak. Bakso, misalnya. Nama makanan ini sangat populer di kalangan kita. Karena banyak kita temukan di jalan-jalan. Juga karena jenis makanan ini merupakan favorit banyak orang. Berikut resep bakso rumahan  yang sering saya buat sebagai makanan tambahan untuk si kecil.



Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan bakso :

1) 1/4 kg Daging ayam atau sapi
2) 125 gramTepung Sagu/Kanji
3)  5 siung Bawang Putih
4) 1/4 Garam Kotak ukuran kecil
5) 1/2 sdt Gula Pasir
6) Merica bubuk secukupnya
7) Air dingin secukupnya
8) 2 bungkus Bawang Merah Goreng






Cara Pembuatan bakso :

1) Pertama-tama, giling jadi satu bahan-bahan diatas  kecuali Tepung kanji dan gorengan bawang  merah.
2) Setelah halus, tempatkan adonan disebuah wadah, campurkan tepung kanji dan bawang goreng.  Tambahkan air dingin secukupnya.
3)  Rebus air sampai mendidih.
4) Bentuklah adonan menjadi bulat, kotak atau pipih (sesuai selera),
5) Celupkan di air mendidih itu tadi, sampai habis.
6) Tiriskan

Cara Membuat Kuah Bakso :

Jangan buang sisa air mendidih yang kita gunakan untuk membuat baksonya tadi. Tambahkan air secukupnya lalu masaklah tulang sapi/ayam yang akan kita gunakan untuk membuat kuah bakso. Bumbui dengan 5 siung bawang putih yang di haluskan juga setengah sendok teh merica bubuk dan garam secukupnya. Setelah masak taburi dengan satu bungkus bawang merah goreng.

Bakso Rumahan untuk Hayyu


Cara Penyajian Bakso :

Siapkan mangkuk, Tata mie kuning/bihun, beberapa buah bakso, irisan daun bawang dan gorengan bawang merah.  Tuangi dengan kuah bakso. Lengkapi dengan pangsit atau tahu. Bakso siap disajikan.

Selamat mencoba.


2 komentar:

  1. Wah, bisa di praktekan nih dirumah... kebetulan anak saya yang kecil suka banget dengan bakso...

    ReplyDelete

Aturan berkomentar disini
1. Bebas tapi sopan.
2. Jangan Menyertakan Link Hidup

 
Top