Pada Chef Room kali ini saya akan berbagi resep masakan khas tuban, Garang Asem Ayam (favorit suami saya yang asli tuban) tapi sedikit saya modifikasi dengan rasa ala saya dan rasa mojokerto. Sebenarnya kalo mau googling banyak sekali resep Garang Asem dan ternyata bentuknya nggak hanya berupa sayur saja tetapi ada juga yang di bungkus daun pisang. Selain dari Tuban ada juga versi Solo. Tapi yang mau saya bagikan disini adalah resepnya dari Ibu Mertua saya yang tentu saja resep versi "Tuban" dan berupa sayur tapi sedikit saya modifikasi rasa Mojokerto, kenapa ? Pertama, kalo asli resep Tuban rasanya sangatlah pedas, jadi menghilangkan rasa bumbunya yang asem-asem segarnya. Kedua, agar bisa disantap seluruh keluarga yang nggak gitu suka pedas.  Gak berlama-lama lagi, bisa disimak resep Garang Asem Ayam berikut ini :

Bahan-bahannya :

1/4 Paha Ayam (boleh diganti daging atau ikan)
1/4 Wortel, Kubis  (wortel iris lonjong, kubis  iris seperti membuat sayur sop)
                              (saran beli 2 kemasan buat   sayur sop di bakul sayur)

Bumbu-bumbunya :

4 Siung Bawang Merah (iris tipis2)
4 Siung Bawang Putih (iris tipis2)
3 buah Cabe Rawit (diiris-iris)
1 buah Cabe Merah (belah buang isinya terus diiris-iris juga)
1 buah Tomat (diiris-iris)
 3 buah Belimbing Wuluh (diiris-iris jadi 6 potong, kalo nggak ada pake asem aja)
1 buah Laos (geprak)
Garam & gula secukupnya

Cara Membuat :
  • Ayam direbus biasa dengan air yang kasih garam dan irisan kunyit. Setelah mendidih angkat ayam,  buang  irisan kunyit dan  sisakan 1/4 kaldu ayam, lainnya buang. Rebus kembali ayam dan kaldu ayam yang tinggal 1/4 tadi tambahkan dengan air dan irisan buah belimbing/asam. Setelah mendidih sisihkan.
  • Panaskan wajan dengan sedikit minyak, masukkan semua bumbu yang diiris halus, setelah agak matang  baru masukkan wortel dan kubis. Angkat wajan begitu wortel dan kubis sudah layu.
  • Panaskan kembali rebusan ayam tadi, masukkan sayuran yang sudah layu dari wajan tadi kedalam panci, tambahkan garam dan gula secukupnya, masak selama kurang lebih 10 menit.
Gimana mudah kan cara bikin Garang Asem Ayam ini, Siap disajikan untuk 4 porsi lho. Yang pasti rasa Garang Asem ini asem-asem segar gitu dan agak pedes, nikmat deh makannya. Selamat mencoba.



35 komentar:

  1. aih,,, jadi lapeerr........

    ReplyDelete
  2. enaknya buat sarapan pagi ini, hmmm

    ReplyDelete
  3. wah,,.. kebayang rasanya mbak,,,
    meskipun blum pernah coba,..
    hhe...

    ReplyDelete
  4. we enakan garang asem blimbing heheheh. apa lagi garang asem kepala manyung wah mantap wkwkwk.. jadi lpar,ni

    ReplyDelete
  5. wah enak bnget ni kliatannya, jdi laper *ngiler* :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. klu lapar'y makan lah bos atau ambil sajah makanan di Mas Adminnya wkwkwkw

      Delete
    2. Halo halo, nggak liat apa ? Foto profil admin, cewek cantik berjilbab, :D

      Delete
  6. Nyummi.. Dhe langsung print mba, bwt dipajang di papan note di dapur :D *prakteknya tunggu waktu luang, hehehe*
    makasihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhmdulilah bermanfaat mbak, hasil saya eksperimen, hehehe

      Delete
  7. cocok untuk menu besok :D

    mbak nia folbek yaa :) tengkyuuu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Spa nih ? Slm kenal ya, sgera menuju tkp :)

      Delete
  8. waduh.. jadi ngiler nih.. mana belum sarapan lagi saya.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jam sgtu kq belum makan sob, monggo d mkn kalo gtu, :)

      Delete
  9. wah..mau donk di kirimin.. kebetulan saya sudah 2 bln belum makan nih..*blm makan gratisan..hehehehehe

    ReplyDelete
  10. Hmmmm makasih hidangannya... uenak poll...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 sob, smpe sana ya sob mkanannya, hehehe

      Delete
  11. woh mak nyusss.....seger mbak. jan pingin aku. hahaha
    oh...mbak nia satu kota dong dgn mas agus?

    hmmmm ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huahahaa itu suami saya mbak .... Jd malu :D

      Delete
  12. wah kelihatannya enaknie mau dong gratis ya wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang gratisan emang enak sob, hehehe

      Delete
  13. koyoke uenak tuh mbak,,,ijin untuk mencoba resepnya yah,,,Terimakasih,,,,

    ReplyDelete

Aturan berkomentar disini
1. Bebas tapi sopan.
2. Jangan Menyertakan Link Hidup

 
Top