Berjalan di usia 16 bulan- Assalamualaikum sobat, apa kabar, lama banget ya saya sebagai pemilik rumah ND Diary nggak menyajikan menu baru di meja hidangan rumah ini. Saya telat posting entah udah berapa bulan ya ? hehehe ... ya selain jenuh dengan dunia blogger, saya juga disibukkan dengan hal-hal yang benar-benar membutuhkankan fokus saya. Karena menulis itu sangat jelas sekali membutuhkan ketenangan. Dan itu tak bisa saya lakukan berkat hal-hal di dunia nyata yang menyita perhatian saya.

Memulai postingan di akhir bulan ini, saya sedikit akan meninggalkan catatan kecil untuk putri saya yang cantik, Hayyu, yang di akhir usianya yang 16 bulan karena sebentar lagi dia berusia 17 bulan (tanggal 01 Desember besok), telah hampir lancar berjalan. Alhamdulilah. Maklumlah sebagai orang tua baru yang teramat menyayanginya, kami sangat menunggu moment berjalannya Hayyu. Dan alhamdulilah di awal usianya yang 16 bulan kemarin, Hayyu telah bisa bangun, berdiri sendiri dan berjalan beberapa langkah.

Hayyu
Setelah berjalan di usia 16 bulan, Hayyu semakin bersemangat berjalan, mencoba dan terus mencoba, meski akhirnya jatuh, setelah beberapa minggu dari awal Hayyu mulai berjalan, Hayyu lumayan lancar berjalan. Lalu apa tips saya membuat Hayyu bisa berjalan. Saya sangat tidak setuju dan tidak menyukai pendapat orang tentang berjalannya seorang anak dikaitkan dengan kecerdasan anak. Karena menurut saya, berjalannya seorang anak hanya dikarenakan oleh kesempatan dan karakter anak itu sendiri. Karena itulah tak ada tips khusus dari saya bagi sobat yang saat ini khawatir buah hatinya belum juga berjalan saat memasuki usia 16 bulan. Hal itu memang hal yang wajar kok. Mengingat usia anak mulai berjalan saat memasuki usia 9 sampai 18 bulan. Intinya sabar dan menerima jika anak kita termasuk golongan lama berjalannya. Pegang keyakinan sebagai seorang ibu, bahwa hal itu adalah hal yang sangat normal terjadi pada buah hati kita. Dan itu bukan kesalahan si anak melainkan kita sendiri yang kurang memberikan dia kesempatan. Setelah kita menyadari hal itu, maka hal yang harus kita lakukan adalah dengan memberikan buah hati kita latihan-latihan agar mau berjalan sendiri. Lakukan apapun untuk membuat dia berdiri sendiri dan melangkahkan kakinya. Misalnya saja, memberi kursi plastik berwarna mencolok agar dia mau mendorong kursi itu dengan berjalan atau dengan mengaitkan gendongan di dadanya, agar dia terbiasa berjalan tanpa memegang tangan kita. Yang terakhir berilah semangat padanya, misalnya dengan menceritakan betapa serunya jika bisa berjalan sendiri. Hal ini membuat rasa takutnya agak berkurang dan mau berjalan sendiri.
 

senyumku manis khan ? 


 Setelah Hayyu resmi bisa berjalan di usia 16 bulan. Banyak hal yang berubah. Terutama sekali jika biasanya dia nurut duduk di kursi kecilnya sambil 'membantu' ngupas bawang, nungguin ibunya memasak di dapur atau melakukan kegiatan rumah tangga lainnya. Kini dia suka kabur sendiri . Jadilah adegan kejar-kejaran deh. hehehehe. Proses berjalannya anak sendiri memang tergolong unik dan sulit dinalar, beberapa anak justru tak mengalami proses merangkak, tapi tiba-tiba bisa langsung berjalan. Hayyu sendiri setelah bisa berjalan beberapa langkah, beberapa minggu kemudian  tetap sama seperti itu kemampuannya. Tapi di suatu hari kemudian, Hayyu tiba-tiba saja bisa berjalan hingga 10 langkah dan bisa belok sendiri tanpa jatuh sekalipun.

Demikianlah sobat, sedikit sharing saya tentang Berjalan di usia 16 bulan. Semoga bermanfaat.



23 komentar:

  1. Alhamdulillah....kekhawatiran ayahnya berakhir, pasti hatinya ngemplong plong....mau ngga mau harus bikin tumpeng tuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulilah ya pakdhe ... semua berkat doa sesepuh termasuk pakdhe :P ... bancaane nunggu pasaran hari lahir hayyu nih

      Delete
  2. Hamdalah Hayyu...kamu hebat baget Nak, sudah berhasil membuat kejutan ayah ibu dengan 10 langkahmu...horeeee,,, !!!

    Mbak Nia, siap-siap saja boyok e pegel ya...soalnya Hayyu bakalan melanglang buwana ke mana-mana...coba ditinggal kedip saja, pasti sudah melesat entah sampai ke mana.

    Semangat!!! sehat-sehat selalu ya Dik Hayyu....!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. aminnn makasih ya mbak khusna ...... sekarang sih udah seribu langkah bukan 10 langkah lagi hehehehe

      Delete
  3. Selamat yah buay Hayyu,,,,tapi Mamahnya harus siap-siap nih hehe soalnya kalau anak sudah bisa jalan pasti cape deh ngejagain,larisana lari sini hehe,tapi capenya cape bahagia ,,,,ok Hayu lanjutkan belajar jalanya eayah,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulilah ngga kerasa cape nya ..... inilah yang dinamakan bahagia2nya punya anak pertama.... mksih pak Dede

      Delete
  4. wah, usia 16bln udah bisa jalan, hebat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bukan hal yang istimewa kok sob .... meski begitu patut disyukuri

      Delete
  5. ihh, lucu, imut, manis... semoga besarnya nanti... cerdas dan sholehah, Amin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah pasti putrinya Mbak Nia imut kaya Mamahnya yah Mbak De Widiani ikutan Amien semoga kelak besar nya bisa bermanfaat
      Buat bangsa negara agama dan berbakti Pada Ibu Bapakny Amien

      Delete
  6. lucu banget sobat...... duuuhhh gemesin ya

    ReplyDelete
  7. lucu ya, hayuu mana bapak nak?

    ReplyDelete
  8. Salam kenal buat Mbak Nia Dewiasih sebelumnya :-?
    Ijin simak artikel tentang umur Dede kecil si buah hati
    Tercinta tentunya yah Mbak. Cantik yah Mbak Putri mirip
    Kaya Mamahnya hehheeh :D Salam sejahtera selalu yah Mbak Nia.?

    Ijin follow blog Mbak Nia juga yah Mbak agar silaturahmi antar blogging
    Lebih nyaman dalam berkunjung dan blogwalking. terima kasih :-d

    ReplyDelete
  9. hmmm si hayu ini lucu banget senyumnya... mirip sama ibunya.... oya kok nggak ada kemiripan sama bapaknya ya,..? hahahahaha.. Plaakkk..!! lempar sendal sama mas agus setya.. ckckckckck

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha ..... emang mirip saya sih cantiknya

      Delete
  10. Alhamdulillah ... hayyu dah bisa jalan... lucunya, imut, manis..... ayahnya kemana nak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulilah mang, gigin juga udah bisa jalan ya mang ?

      Delete
  11. alhamdulillaah... tumbuh dengan sehat,cerdas dan solehah ya hayyu.. salam kenal dari Athar.. :)
    setuju mbak,,jalan bukanlah patokan kecerdasan seorang anak.. tiap anak memounyai kelebihan sendiri :)

    ReplyDelete

Aturan berkomentar disini
1. Bebas tapi sopan.
2. Jangan Menyertakan Link Hidup

 
Top