Peninggalan Sejarah Mojopahit : KOLAM  SEGARAN

foto 2 tahun lalu
Kali ini saya akan membawa sobat mengenal tempat tinggal saya di Mojokerto, Ada apa di Mojokerto ? Banyak hal menarik yang akan saya ceritakan dan pastinya sangat menarik untuk disimak, dan kali ini postingan awal saya jilid I (ditunggu yang jilid 2 dan berikutnya). Nah, kali ini saya merefiew tentang Kolam Segaran, biasanya  saya kesini kalo lagi pengen ngadem, duduk di tepi Kolam Segaran, sambil bawa makanan, pikiran jadi fresh lagi deh sobat. Atau kalau pengen nggak bawa makanan, banyak warung di lokasi (letaknya mengelilingi Kolam Segaran) yang menyediakan menu yang sama yaitu wader goreng beserta sambelnya yang nikmat. hmmm ....
mantap khan ?

Sejarah Kolam Segaran 

Kolam segaran pertama kali ditemukan oleh seorang Belanda, Ir. Marc Lain Pont bekerjasama dengan Bupati Mojokerto pertama yaitu Kromojoyo pada tahun 1926. Sejak ditemukan hingga saat ini, telah beberapa kali dilakukan pemugaran yaitu pada tahun 1966, 1974, dan 1984. Bagi Kabupaten Mojokerto Kolam Segaran merupakan salah satu situs peninggalan Kerajaan Majapahit, yang dituahkan dan dibanggakan masyarakat Trowulan khususnya dan Mojokerto pada umumnya. Nama Kolam Segaran berasal dari bahasa Jawa 'segara' yang berarti 'laut', mungkin masyarakat setempat mengibaratkan kolam besar ini sebagai miniatur laut. Tembok dan tanggul bata merah mengelilingi kolam yang sekaligus memberi bentuk pada kolam tersebut.Kolam ini memiliki panjang 375 meter, lebar 175 meter, tebal tepian 1,6 meter dengan kedalaman 2,88 meter. Sebagai pembatas, kolam ini menggunakan konstruksi batu bata. Dan uniknya, batu bata tersebut hanya ditata sedemikian rupa tanpa perekat dan hanya digosok – gosokkan satu sama lain. Saluran air masuk ke kolam ada di bagian tenggara. Sedangkan di sebelah selatan sudut timur laut dinding sisi luar terdapat 2 kolam kecil berhimpitan, sementara di sebelah barat sudut timur terdapat saluran air menembus sisi utara. Di bagian tenggara terdapat saluran air masuk ke kolam dan saluran air keluar di bagian barat laut. Sumber air kolam berasal dari Balong Bunder dan Balong Dowo yang berada di sebelah selatan dan barat daya kolam. Dan pintu masuknya terletak di sebelah barat, dengan bentuk tangga batu kuno. Selain dari dua sumber air tersebut, air dalam kolam Segaran juga berasal dari air hujan. Oleh karena itu, kolam tersebut selalu dipenuhi air dengan ketinggian 1,5 hingga 2 meter selama musim penghujan, namun konon kolam ini meskipun terjadi hujan lebat tapi kolam segaran ini tak pernah banjir atau meluap dan sebaliknya meskipun kola mini di dalam masa kemarau yang panjang tetap saja debit airnya masih ada dan tak pernah kering. 

Legenda Kolam Segaran

Konon ada mitos atau legenda tentang kolam Segaran yang merupakan bangunan kolam kuno terluas di Indonesia ini : bahwa pada jaman  pemerintahan Hayam Wuruk, Majapahit mengadakan pesta besar karena kedatangan duta dari Tiongkok, angkatan perang negeri Tartar. Raja menyuguhkan hidangan dengan perkakas dari emas, mulai nampan, piring sampai sendok. Para tamu puas dan menilai, Majapahit memang negara besar yang patur dihormati. Setelah pesta usai, sebelum para tamu pulang, Hayam Wuruk ingin memperlihatkan kekayaan Kerajaan yang terkenal sebagai negeri gemah ripah loh jinawi. Semua perkakas dari emas itu dibuang ke Kolam Segaran, tempat dimana pesta itu dilangsungkan. Karena benda-benda itu terkubur begitu lama, keberadaannya dikuasai makhluk gaib. Untuk mengangkat harta karun itu bukan persoalan gampang karena harus berhadapan dengan lelembut yang menguasai benda-benda tersebut. Tapi konon menurut cerita dari juru kunci di kolam segaran tersebut pada dasar  kolam dulunya dipasangkan jarring, gunanya untuk mengangkat kembali barang-barang yang telah dibuang di kolam segaran tersebut.

berpose bareng teman SMA di belakang kolam Segaran tepat di depan warung


Lokasi Kolam Segaran

Berada di Dusun Trowulan Desa Trowulan Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto 

Demikian sobat sharing saya tentang Kolam Segaran. Semoga bermanfaat yaaa ... 


86 komentar:

  1. kolamnya guede banget.. hmm seandainya itu emas bisa diangkat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sobat, memndang lebh dalam sprti lautan ... Emasny sdh d angkt pd masa itu karena sblum membuang perkakas yg dr emas itu udah dpsang jaring untk mengangkt prngks tersebut

      Delete
    2. diangkat kebawah mas repsol, ya ke atas lah hihihi...
      supaya memperlihatkan kekayaan aja ya mbak, tapi kalau tidak diangakat hingga sekarang pasti harganya tak terniai...

      Delete
    3. haha :-D diangkt keataslah jeng ...
      bener bgt sobat kw2 harta yang tak ternilai hrganya

      Delete
  2. waduh kayanya enak tuh mab wader gorengnya :D
    keren mba postinganya, mantaph
    blogwalking, d tunggu follbacknya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sob ... Sgera folbek, mlncur ke tkp dlu nihh

      Delete
  3. eh pagi pagi ada titisan tri buana tungga dewi jadi ngiler ngelihatnya

    ReplyDelete
  4. bener-bener seger ya kolamnya?

    ReplyDelete
  5. hem esuk2 di suguin iwak gereh layang heheheh

    ReplyDelete
  6. bisa rileks di akhir pekan di kolam segaran ya mba...
    jadi tertarik harta di dalam kolam tersebut, klo aja ga ada penunggunya, wkk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harta dalam kolam gk ada lah sobat.. Itu hanya kprcayaan sebagian msyarakt trowulan.. Menurut sejarah hrta itu perkakas sudah d angkat kmbali

      Delete
    2. saya pengen nyilem cari keong

      Delete
  7. Salam kenal ya...
    di tunggu kunjungan baliknya + komentarnya juga hehehe
    http://uliearieph.blogspot.com/2013/04/spesial-kebaikan-dari-marina-uv-white.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih ats knjungannya sgra k tkp mbak, slm kenal balik

      Delete
  8. ninggalin jejak dulu, ntar bacanya ya mbak....

    eh ini bagian pertama yak :o

    ReplyDelete
  9. wow...kolamnya gede banget? trus apa di skat2 gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan kolam segaran ini butuh sukarelawan kayak mbak indah buat nyikat2 kolam .. Mau ya mbak :)

      Delete
    2. kalau disekat nanti jd ajang mesum

      Delete
    3. kuciing? kucing garong wkwkwk

      Delete
  10. selamat malam..
    oh mba Nia tinggal di mojokerto yah?
    kayanya kolamnya indah sekali..
    aku jadi mau kesana.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini sudah siang sobat ... Jd selamat siang, sobat tnggal dmna ? silahkan sob klo mau refressing ...

      Delete
    2. saya tinggal dibandung..
      Insya Allah sobat jika ada waktu kesana..
      kalau sobat dekat ditempat itu?

      Delete
  11. kalo benar dipasangi jaring, berarti trik hayam wuruk saman itu memang sangat cerdas.... legenda selalu meninggalkan mitos , tapi tempatnya benar-benar adem nampaknya, sepertinya saya ingin segera berkunjung ke sana :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkn berkunjung mas . Yg psti sgt membikin fresh isi kepala

      Delete
  12. siapa tuch yang duduk di pinggir kolam hehehehehe.

    oalah.. kirain cicak goreng, nggak taunya wader goreng to hehehe maklum, saya via hp, jadi agak kurang jelas gambarnya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu titisan ratu tribuanatunggadewi hahaha .. ha ? cicak goreng ? bukan lg om.. itu gatul goreng .. hehehe

      Delete
  13. Indah banget mbak nia tempatnya, asal jangan tempat2 seperti itu diabaikan. Harus kita jaga dan kita rawat sebagai peninggalan sejarah dan tempat wisata. Salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas hrs bner2 kita jaga jgn dijdkan tmpt yg gk spntasnya oleh psngan muda mudi

      Delete
  14. Boleh juga tuh mbak dijadikan rujukan alternatif untuk refresing bersama keluarga. airnya terlihat tenang dan waderrrnya itu lho..mantaaaapppp kayaknya. haha

    ReplyDelete
  15. Sering lewat Mojokerto kok nggak tahu ya kaluo ada kolam bersejaran yang baus nan elok... hehehe... kayaknya perlu mampir nih ke rumah Mbak Nia biar bisa jadi pemandunya... wekekeke...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lewat mjokerto mna mas budi ? Pemandu ? Boleh aja sih tp bgunkn dlu 99 candi nnti sy pandu k 99 cndi itu... Hahaha

      Delete
  16. mash dalam rangka mandi d dalam laut,ni wkxjxjx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nh jeng .. Khlngn sjenak smngt blogging

      Delete
  17. semangat Mbak jangan LOYO
    " saya beri semangat padahal saya sendiri LOYO"
    Tapi akhir2 ini saya mulai nGeblog Lagi ... Hehehehe

    @# www.surindersurisahni.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih kang ...semangat yaa ... nntikan postingan terbaru saya yaaa

      Delete
  18. ngangkat jejaring nya susah gak ya mbak, kalo berhasil pasti kayak mendadak ni. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya sudah di angkat tuh sob pada zamannya :P

      Delete
  19. masih dalam rngka kopi dingin,ni heheheh

    ReplyDelete
  20. hahaha gatul goreng.. gatul apaan ya..? beneran saya nggak tau, kalau gatot saya tau hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. gatul itu biasanya di air tawar mas semacam kolam atau disawah, daunnya nempel dengan air dan berjumlah 4 hikhikhik...

      Delete
    2. lho lho salah salah sobat KW ... gatul itu ikan kecil, hidupnya di kali tapi ya gk bisa dimakan karena ikannya yang kuecil banget ..:P

      Delete
  21. walah...tempatnya asik juga tu sob...salm kenal ja...sob....

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih mas ... salam kenal juga sobat

      Delete
  22. Loh mbak. dari kemarin-kemarin blum pulang toh dari Kolam Segaran.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. huaahahaha .. lg sibuk di dunia nyata mas

      Delete
  23. @agus bg : wah itu semanggi sobat.. ahahaha

    @nia dewiasih : wah kayak mbrayaan gitu ya sob.. tau mbrayaan nggak sob, anak ikan gabus,kutok, bujuk.hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak tau gak tau n malas cari tahu wekk

      Delete
  24. mojokerto emang banyk situs peninggalan dari kerajaan majapahit, tp sayang banget yah kurang di maksimalkan. sebetulnya bisa di jadikan kota wisata sehebat jogja

    ReplyDelete
    Replies
    1. benul bgt mbak ... jngankan sama jogja mbak, sm malang aja masih kalah ...

      Delete
  25. Kunjungan perdana nih mbak nia, terimakasih sudah berkunjung, mmpir ke blogku ya mba !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mas ahmad, segera menuju tkp

      Delete
  26. pengen euy ke sana tapi jauh bener,, kunjungan perdana mbk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih telah berkunjung, memang tnggal dimana nih ?

      Delete
    2. saya dong tinggal dalam rumah

      Delete

Aturan berkomentar disini
1. Bebas tapi sopan.
2. Jangan Menyertakan Link Hidup

 
Top