Resep Daging Lapis khas Jawa Timur  berikut ini adalah resep yang saya dapat dari ibu saya. Sengaja saya share karena masakan ini paling sering saya bikin beberapa bulan terakhir ini, disamping kelezatannya juga cara pembuatannya yang cukup mudah, membuat masakan Daging Lapis ini menjadi pilihan. Berbicara soal masakan ini, selalu mengingatkan saya pada kenangan masa kecil saya ketika menyambut datangnya lebaran. Masakan Daging Lapis ini selalu menjadi salah satu andalan ibu saya selain ketupat dan opor ayam tentunya. 

Berikut bahan dan pembuatan Daging Lapis ini :

Bahan-bahan Daging Lapis :

1/4 kg daging lulur/ has sapi (iris tipis-tipis dan geprak sampai bentuknya pipih)
1 butir telur
Kecap secukupnya
Bawang goreng
Garam secukupnya

(bahan-bahan yang dihaluskan)

6 buah Bawang merah
5 Bawang Putih
3 buah kemiri
2 buah cabe merah
Merica butir 1 sendok teh
1 buah tomat 

Cara Membuat Daging Lapis :

 Pertama kali yang harus dikerjakan adalah menggoreng semua bahan yang akan dihaluskan, cukup setengah matang aja lalu tempatkan di cobek baru diharuskan. Nah, setelah itu campur kecap dan telur, baru kemudian daging dicampur pada bumbu yang sudah dihaluskan tersebut, ratakan. Remas-remas sampai daging berair.

Siapkan wajan tanpa minyak, jangan dinyalakan dulu, tata dulu daging yang sudah bercampur dengan bumbu ke dalam wajan, setelah itu baru nyalakan wajan. Bolak-balik daging dalam wajan sampai warna daging berubah. Masukkan air, masak hingga daging empuk (kalo airnya udah habis tapi daging belum empuk kasih air lagi sampai dagingnya benar-benar empuk). Setelah matang, taburi dengan bawang goreng. Siap disajikan.


Sangat mudah bukan cara membuat Daging Lapis yang merupakan Masakan khas Jawa Timur ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Nantikan pos Chef Room saya berikutnya.


24 komentar:

  1. enak kayaknya nih, besok istriku masak apa ya ?

    ReplyDelete
  2. Nyummii... Mba Niaa, Dhe minta resepnya
    Tq mbaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkn d copas mbak :D smga brmanfaat y

      Delete
  3. Wah kalo soal makanan gini jadi laper nih perut hehehe... bisa dikirim tidak itu makanannya Mbak hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. He he he bisa2 sob, bisa d aturlh sob, trmksh ats knjunganny, nntikn knjungan sy ya

      Delete
  4. wah.. dari pagi saya blm makan nih. eh malah di suguhi makanan eperti ini.. duh..perut saya makin kenceng saja nih dangdutannya. hehehehe

    ReplyDelete
  5. wah..ada resep baru, ijin catet mbak. kok saya baru dengar yah ada daging lapis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho ini khas suroboyo lho mbak, mbak indah ini datang dr planet mana :o ??

      Delete
  6. Daging ya, saya kurang suka . . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak sob, gk bau daging kq bgi yg kurang suka dging

      Delete
  7. WAh kayakna enak nie dicoba... tapi siapa ya yang mau buatin buat aku :D hohoho...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu yg bkn enak sob, enak klo gratisan :-D

      Delete
  8. Lulur dalem itu bukan ya? Hikz, maaf ndak ngerti jenis2 daging. Lain kalai boleh dicoba nich buat keluarga, kalau saya ndak doyan daging :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya jg nggak ngerti jenisnya, ya pokoknya yang benar-benar daging mbak, nggak ada lemaknya, mksasih atas knjungannya mbak

      Delete
  9. mbak. ini kayak bistik daging bukan? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mirip sih mbak, tp kata ibuku kok lapis yaa, sama suamiku juga bilange gitu, pdhal kalo bahasaku sndiri sh daging dikecapin hehehehe, gk hobi masak sih tapi tiap hari masak, hehehehe

      Delete
  10. Lezat...
    _____
    http://nikmatbenar.blogspot.com

    ReplyDelete
  11. paling favorite makanan jatim..lapis daging

    ReplyDelete

Aturan berkomentar disini
1. Bebas tapi sopan.
2. Jangan Menyertakan Link Hidup

 
Top