Tips Atasi Gigitan Nyamuk Pada Bayi - Mungkin diantara sahabat Nia ada yang baru saja menjadi seorang ibu, sebelumnya saya ucapkan selamat ya, selamat datang di dunia ibu-ibu, yang penuh perjuangan dan kebahagiaan. Pertama, bahagia karena sudah punya baby, yang sudah kita nantikan kehadirannya selama 9 bulan, ya kan, mungkin selama itu mengalami kehamilan yang nggak enak, dan kini sudah lahir di dunia ini dengan selamat. Kedua, kita masih harus terus berjuang, banyak sekali hal yang harus kita perjuangkan demi si kecil, salah satunya menjaga dan merawat si kecil agar selalu riang dan sehat. Nah, pada kali ini permasalahan yang sering membuat pusing para ibu baru yaitu jika mendapati buah hatinya digigit nyamuk. Kalo orang dewasa sih kalo habis digigit nyamuk, bekas gigitannya langsung hilang. Kalau pada bayi gimana ? gigitannya ternyata nggak semudah itu hilang, bisa sampai 3-6 hari, dan bekas gigitannya kadang menghitam. Pernah waktu hayyu masih berumur 4 bulanan jadi bulan-bulanan nyamuk, mukanya jadi kayak lebam gitu, jadi nggak enak ngeliatnya.
Dan berikut adalah Tips Atasi Gigitan Nyamuk Pada Bayi :
- Mencegah selalu lebih baik sobat, bersihkan keadaan kamar yang digunakan
  bayi, perhatikan kebersihannya, jangan biarkan banyak pakaian kotor
  bergantungan atau menumpuk, dan itu mengundang banyak nyamuk
  berdatangan.
- Selimuti tubuh bayi, atau kenakan baju lengan panjang dan celana panjang.
- Pakai senjata untuk melawan nyamuk :

Raket listrik 

gbr. dari google
Alat ini hanya efektif untuk membunuh nyamuk tapi tidak ada gunanya saat bayi dan kita sudah tidur, tidak mungkin kan kita juga berjaga sepanjang malam untuk membinasakan nyamuk. Yang ada kita kejar-kejaran semalaman dengan nyamuk.


Cara pakainya :  cukup jaringkan pada nyamuk, seperti main bulu tangkis ya sobat, maka nyamuk-nyamuk bakal mati berjatuhan. Pakainya sebelum menidurkan bayi tentunya.

Obat nyamuk baik semprot ataupun elektrik


gambar dari google
Lumayan efektif mengusir nyamuk sih tapi tidak cukup lama mencegah nyamuk datang, sebelum dini hari, nyamuk kembali datang setelah efek obat nyamuknya hilang.

Cara pakai : semprot/hidupkan obat nyamuk minimal 1 jam sebelum jam tidur bayi, kekurangannya nggak hanya kurang efektif tapi untuk pernafasan bayi sendiri kurang sehat.



Lotion anti nyamuk

gambar dari Google
Cukup efektif tetapi menurut hemat saya kurang aman, karena kita tidak bisa 100 % menjaga bayi dari gerakan bayi yang aktif sewaktu tidur, bisa saja lotion ini kena mata atau mulutnya. Itu sebabnya lotion ini hanya diperuntukkan untuk bayi yang sudah berusia 8 bulan keatas.
Cara Pakai. usap tipis-tipis ke bagian tubuh bayi yang terbuka.



Minyak telon anti nyamuk

Kalau yang ini andalan saya sobat, karena saya rasa yang paling aman dan efektif mengusir dan melindungi kulit bayi sepanjang malam. Karena pada minyak telon anti nyamuk ini berisi minyak telon plus daun sereh, jadi amanlah sobat buat kulit bayi.

Cara Pakai : usap tipis-tipis ke bagian tubuh bayi yang terbuka.




Setelah melakukan berbagai pencegahan, tetap pantau kondisi bayi sobat, karena bukan tak mungkin ada nyamuk yang 'lolos' dari upaya sobat tersebut.

Demikian sobat tips dari saya untuk Atasi Gigitan Nyamuk Pada Bayi. Semoga bermanfaat.

28 komentar:

  1. kalau belum menjadi seorang papah.. :D
    tapi insya Allah akan saya lakukan nanti jika Allah telah menjadikan papah dari anak-anakku nanti.. aamiin... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih sobat, semoga didekatkan jodohnya yaa ... aminnn :)

      Delete
  2. aq plh adminnya aja buat ngusir nyamuk hahaha.

    ReplyDelete
  3. kayaknya yang obat nyamuk itu menurutku krang baik mba , soalnya bkin bau dan nafas gak enak , apalagi untuk si kecil ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sobat pakai minyak telon aj, lebih aman

      Delete
  4. kalau secara tradisional ada gak tipsnya mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo tradisional ya pake minyak sereh sob, bisa di beli psar tradisional ;-)

      Delete
  5. Makasih atas tipsnya... siapa tahu nanti diperlukan.. skarang sih msh jomblo..

    ReplyDelete
  6. Hmmmm sekedar baca saja, buat simpanan kalau kelak punya baby, hehehehe.. makasih informasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih kembali sobat, smg bermanfaat

      Delete
  7. ijin nyimakaja deh mbak belumpunya bayi sihh

    ReplyDelete
  8. menurut saya pribadi. 2 (dua) terakhir itu lebih bagus dech mbak. dan lebih aman sih menurut saya.

    kan bayi nggak boleh mencium bau bau yang berbahaya.. hehehehe katanya sih. saya kan blm pernah punya bayi..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bgt om.. Lbh aman.... Klo kponakan punya kn .....

      Delete
  9. nyimak dulu....bisa di terapkan jika ada momongan :D

    ReplyDelete
  10. enak kayaknya ya punya baby, besok buat ach, hehehhe

    ReplyDelete
  11. kalau saya digigit nyamuk, malah tak ceples nyamuk nya langsung mati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sadis jg ya.. Klo nymukny nangis gmn

      Delete
    2. kasih permen autan biar gak nangis mbak..he3..ikut nyimak ya mbak..

      Delete
  12. tips yang menarik bu, minyak telon anti nyamuk sepertinya efektif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih pak buret atas supportnya

      Delete
  13. ada y mb minyak telon anti nyamuk?coz baby q pk zwitsal ttp d gi2t nh..kl bunga lavender gmn mb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada ... ampuh banget, merk my baby, murmer kok, coba deh ... bunga lavender belum pernah coba.

      Delete
  14. Saya sudah pernah coba pake minyak telon anti nyamuk, sangat ampuh sekali untuk mencegah gigitan pada nyamuk... :)

    ReplyDelete

Aturan berkomentar disini
1. Bebas tapi sopan.
2. Jangan Menyertakan Link Hidup

 
Top