Prof. Dr. Zainuddin Maliki, M.Si

Buah Jatuh Jauh Dari Pohonnya -Apa yang tersirat dari judul diatas ya sahabat ND ?  Bukannya pepatah yang benar itu " Buah Jatuh Tak Jauh Dari Pohonnya" ? tapi itulah yang dikatakan  Prof. Dr. Zainuddin Maliki, M.Si pada Seminar Karya Ilmiah, "Meningkatkan Kreativitas  Menulis Melalui Budaya Literasi" di kampus UM Surabaya  dua hari yang lalu, tepatnya tanggal 02 Oktober 2014.  Kenapa ? karena kita memiliki gaya 'kita' sendiri dalam menulis. Contohnya, ketika anak SD diberi tugas menggambar. Masih ingat nggak, waktu kita masih di sekolah dasar paling suka menggambar apa coba ? bener sekali, kita suka menggambar dua gunung, lengkap dengan sawah, jalan raya, pohon dan sebuah rumah. Dan satu kelas pun melakukan hal yang sama dengan yang kita gambar. Nah itu yang disebut dengan  kelaziman. Bisakah kita keluar dari kelaziman ? ketidaklaziman yang membuat kita dikenal berbeda dengan penulis lainnya. Artinya pembaca akan lebih tertarik dengan tulisan kita dibandingkan tulisan penulis-penulis lainnya. Memang tidak mudah, tetapi Prof. Dr. Zainuddin Maliki, M.S.i yang mantan rektor UM Surabaya itu memberikan sedikit trik menulisnya agar menjadi penulis profesional yang bergerak di luar normal atau kelaziman. 

Pertama, beliau merumuskan rangka menulis dari teks menjadi konteks hingga memiliki meaning/arti. Dalam dunia menulis, tentu tak asing lagi dengan istilah bosan hingga tak memiliki ide menulis. Apa yang harus kita lakukan ? "Menulislah dengan passion anda" begitu kata beliau. Jika kita memiliki passion terhadap suatu hal. Maka kita selalu tertarik dan tertarik. Jangan memaksa menulis dengan tema yang tidak kita inginkan. 

Selebihnya, seminar itu hanya menampilkan pemakalah skripsi yang sudah diujikan beberapa bulan yang lalu, dari berbagai jurusan di FKIP UMS. Karena kontek seminarnya sendiri adalah menulis. Sayangnya meski mendapat nilai sempurna, saya tidak termasuk yang terbaik, hehehe.  Ya sudahlah, saya dengan beberapa teman malah asyik sendiri dengan camera hp, itung-itung kenang-kenangan sebelum wisuda seminggu lagi. Saya akan merindukan saat-saat seperti ini suatu hari nanti :(









0 komentar:

Post a Comment

Aturan berkomentar disini
1. Bebas tapi sopan.
2. Jangan Menyertakan Link Hidup

 
Top