Bunga pepaya atau bagi orang jawa seperti saya menyebutnya kembang kates, memiliki banyak sekali kandungan gisi yang sangat baik bagi kesehatan kita.Tidak jauh berbeda dengan buah pepaya yang memiliki banyak manfaat tetapi sering kali terabaikan, karena buah tersebut tergolong murah dan merakyat serta bisa tumbuh dengan mudah di kalangan masyarakat. Kembang kates pun memiliki nasib sama dengan buahnya. Padahal bunga pepaya memiliki berbagi kandungan gisi sepertienergi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor,  zat besi, vitamin A, B1 dan C.

Tetapi rasa pahit dan getar yang terkandung pada bunga pepaya ini sering kali membuat kita malas untuk mengkonsumsinya. Padahal khasiat yang melekat pada bunga pepaya ini cukup banyak, diantaranya ; melancarkan sistem percernaan, memperbaiki nafsu makan, menangkal radikal bebas,melancarkan peradaran darah, mengobati deabetes, mencegah serangan jantung dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana caranya menghilangkan rasa pahit pada bunga pepaya :

Sebelum saya uraikan cara menghilangkan rasa pahit pada bunga pepaya, perlu kita tahu ternyata rasa pahit pada bunga pepaya ini terjadi karena terdapat kandungan alkolid carpin pada bunga pepaya yang berkhasiat menyembuhkan penyakit jantung. Nah setelah tahu manfaat tersebut apakah anda masih ingin tetap menghilangkan rasa pahit pada bunga pepaya. Jika anda ingin menggunakan bunga pepaya untuk mengobati penyakit jantung sebaiknya biarkan apa adanya agarkhasiatnya tidak hilang. 
Tetapi jika anda berniat hanya mengkonsumsinya, boleh lah di hilangkan rasa pahit pada bunga pepaya yang akan diolah menjadi menu masakan. Karena tidak semua kandungan gisi akan ikut hilang setelah rasa pahitnya hilang.

Cara menghilangkan rasa pahit bunga pepaya yaitu dengan :

Caranya cukup mudah, anda hanya perlu melakukan tips sederhana dibawah ini :
1. Merebus bunga pepaya dengan daun jambu dan daun salam
2. Atau merebus bunga pepaya dengan air asam jawa 
3. Dan jangan biarkan terlalu masak

Selamat mencoba !


6 komentar:

  1. kuatir juga sih kalau rasa Pahit hilang disusul dengan hilangnya sebagian besar gIZI nya hihiheie Wah tapi memang harus dibiasakan konsumsi sayur mayur ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang asep, kadang memang suka malas makan sayur ya kalo nggak dibiasakan

      Delete
  2. rasapahit daun pepaya tersebutlah yang kerap menjadikan sayur daun pepaya kurang diminati, padahal jika bisa mengolahnya seperti neng admin itu tuh, pasti rasa pahit daun pepaya akan sirna

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti baca paragraph pertama aja kan pakdhe

      Delete
  3. Thank youu sharingnyaaa mbak niaaa. . Bermanfaat bangeeet. . Bisaa dicobaa nih. 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, selamat mencoba ya, terima kasih kunjungannya

      Delete

Aturan berkomentar disini
1. Bebas tapi sopan.
2. Jangan Menyertakan Link Hidup

 
Top