Assalamualaikum ... 

Berkah Ramadhan-Memang benar sobat, bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Tahun ini saya melaluinya dengan cara yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Menjadikan bulan ramadhan kali ini amat istimewa, tak seperti tahun lalu yang saya lewatkan begitu saja, karena waktu itu saya masih dalam kondisi nifas, maklumlah Hayyu, putri saya, lahir beberapa hari sebelum bulan ramadhan tahun lalu tiba. Meski begitu, hadirnya Hayyu tahun lalu adalah berkah yang teramat indah, ibaratnya hadiah untuk saya dan suami yang pada waktu itu usia pernikahan kami belum genap setahun. Jadi bisa dibayangkan ya sobat, tahun lalu adalah ramadhan pertama saya menjadi istri dan seorang ibu. Alhamdulilah.


Tiap pagi saya harus naik kereta api tiap habis subuh, tiba di stasiun Boharan  jam 06.00,
masih berjalan lagi (cukup jauh) menuju pos KKN Desa Jatikalang 

Lalu apa istimewanya bulan ramadhan tahun ini untuk saya, tak lepas dari kegiatan KKN yang saya ceritakan pada postingan saya sebelumnya,  bisa dibaca disini, yang cukup menyita perhatian saya. Dari sebelum tanggal dimulainya KKN (1 Juli), saya sudah harus disibukkan dengan riwa-riwinya itu lho, masalah waktu iya, karena saya harus membagi waktu antara kepentingan kuliah, mengurus anak, kewajiban saya sebagai istri juga harus memperhatikan kesehatan orang tua. Kalau kerjaan sih nggak ada masalah karena libur kenaikan kelas, sisa 2 minggunya dapat ijin. Detik-detik sebelum dimulainya KKN memang sangat sulit untuk saya, ada aja cobaannya. Kedua, masalah transportasi, bagi saya yang sejak dulu seorang anak rumahan, sangat nggak biasa berkeliaran malam-malam, dan saya selama ini hanya mengandalkan suami untuk mengantar saya, bisa dipastikan saya kerepotan soal ini. Akhirnya kita sama-sama capek, capek pikiran juga tenaga. Tapi alhamdulilah saya menjalaninya dengan ikhlas, sehingga Allah mempermudah segalanya. Saya selalu yakin apa yang kita lakukan selalu ada balasannya. Dan itu adalah berkah bulan ramadhan tahun ini.

Bulan Ramadhan yang penuh berkah membawa saya mengenal sisi ketulusan dalam kehidupan bermasyarakat lewat seorang Bapak-bapak, entah siapa nama beliau (bodohnya saya lupa menanyakannya), selalu mengantar saya ke Pos KKN selama lebih dari 2 minggu (karena minggu-minggu awal saya naik motor). Bapak-bapak inilah yang begitu baiknya mengantar saya sampai Balai Desa Jatikalang. Kebetulan juga Bapak ini mengantar anaknya naik kereta api ke stasiun Boharan, berangkat kerja ke Surabaya. Boharan-Jatikalang memang letaknya cukup jauh juga, sebelum kenal bapak-bapak ini, saya melaluinya dengan berjalan kaki. Ya cukup jauhlah buat saya yang tak terbiasa jalan kaki. Terima kasih ya Pak, segala hal yang baik selalu saya doakan untuk Bapak. Semoga kelak saya diberikan kesempatan untuk membalas semua kebaikan dan ketulusan Bapak tersebut.


Sambil jalan kaki, saya suka mengambil gambar dengan kamera hp saya

Terima kasih juga untuk suami saya yang tak hanya selalu mengantar saya kuliah dan KKN, melalui indahnya bulan ramadhan kali ini tapi kita juga sama-sama berjuang, belajar bersama-sama, mencari solusi yang terbaik untuk mengatasi semua masalah tidak hanya timbul waktu KKN dan bulan ramadhan kali ini, tapi juga masalah yang timbul  1 tahun 10 bulan 20 hari usia pernikahan kita. Kepintaran Hayyu yang semakin bertambah juga berkah ramadhan yang membuat saya semakin bersyukur dikaruniai seorang putri yang pengertian. Selama KKN, Hayyu nggak pernah rewel. Di usianya ke 13 bulan ini Hayyu memang belum mau jalan tapi ini diimbangi kemampuan berbicaranya, celotehannya yang tiada henti, memancing gelak tawa kami sekeluarga. Hayyu juga sangat mudah diajari. Setiap hari, ada aja hal baru yang dia tunjukkan. Menyenangkan sekali melihat perkembangannya.

Demikian sharing saya sobat tentang Berkah Ramadhan yang saya alami tahun ini semoga bermanfaat yaa




24 komentar:

  1. Bismillah...ya Alloh Mbak, sungguh banyak perjuangan Mbak KKn kemarin ya...semoga mendapatkan hasil yang setimpal dan sukses ya Mbak.

    ternyata, tak ada banyak sekali orang mampu menjalani bulan puasa dengan indah ya, walau berbagai macam kesulitan dan ujian menghimpit namun tetap dilaluinya dengan ikhlash...keren betul Mbak Nia.

    Wah, Hayyu udah mulai jalan tentunya...masa paling menyibukkan bagi ibu-ibu yang punya batita seusia ini, karena si kecil maunya ditetah terus...semangat ya Mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulilah mbak .. berkat doa mbak khusna jg nih, saya sih mendapat banyak hal dalam perjalanan kali ini, belajar tak harus dibangku kuliah ya mbak, orang yang berpendidikan belum tentu tingkah lakunya juga terdidik khan ... alhamdulilah semua berakhir dengan baik

      Hayyu justru doyan maen dan maem, jadinya malas jalan, tapi sekarang ini udah mau dituntun mbak, ya udah nggak apa2 perkembangan anak kan beda-beda, semoga habis lebaran ini udah jalan ya mbak

      Delete
  2. bulan ramadhan memang banyak membawa berkah, tapi takjarang pula kita menjumpai orang2 yang justru merasa terbebani dengan datangnya bulan suci ini, Massa Allah,
    Lam kenal ja mbak

    Salam : Gond3s.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga, trmaksih sudah berkunjung sobat, semoga sobat tak termasuk orang2 yang terbebani yaa

      Delete
  3. siapa yang berani menafikan betapa bulan Ramadhan memang bulan keberkahan, semua kebaikan dan keberuntungan seolah menjadi istimewa jika terjadi dibulan ini.

    moga KKN nya lancar dan segera nyandang gelar sarjana...enak banget loh...kalau udah lulus...makjleb gituh ke suaminya juga...;o)

    ReplyDelete
    Replies
    1. KKNnya udah selesai pakdhe seminggu yang lalu .. sekarang tgl PPLnya, wah kalo lagi puasa gini pakdhe jadi baik yaa, jarang-jarang lho saya di doakan gni, aminnn ya pakdhe ...

      Delete
    2. bwahahaaa....sayang de' Nia baru tau kalau mamang sesungguhnya baik sekali...sekali doang, banyakkan jehongnya(baca: jahatnya)

      peluk cium DAN PERMOHONAN MAAF LAHIR BATIN DARI SAYA atas semua khilaf dan dosa yang sering saya lakukan lewat komentar-komentarku yang ngga ngenakin hati....semoga saja besok kita berdua jadi bayi lagi....aaaaamiiiiiin

      Delete
  4. wah cukup membantu ya mbak si bapak bapak itu.. ya semoga saja beliau selalu dilindungi dari hal2 buruk. agar selalu bisa berbuat baik...

    oya mbak.. kok mbak nia sudah mulai ketularan mas agus nih.. bawa bawa kereta.. hehehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya om, aminn

      hehehe, saya bajak keretanya

      Delete
  5. Mas Agus nih yang sering dapat ungkapan lewat tulisan Mbak Nia. pasti bahagia deh.
    OKlah sukses buat kalian berdua. semoga cintanya abadi dan bisa mengawal Hayyu sampai cita-citanya kelak.

    ReplyDelete
  6. Gema Takbir Menyapa Semesta,
    Membesarkan dan Mengagungkan Yang Maha Esa nan Maha Suci,
    Bersihkan Hati Kembali Fitri di Hari Kemenangan,
    Terkadang Mata Salah Melihat dan Mulut Salah Berucap,
    Hati kadang salah menduga serta Sikap Khilaf dalam Berprilaku,
    Bila Ada Salah Kata, Khilaf Perbuatan dan Sikap,
    Bila Ada Salah Baca dan Salah Komentar,
    Mohon Dimaafkan Lahir dan Batin,
    Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1434 H

    ReplyDelete
  7. Jadi ngiri saya bacanya.. :)
    Pengen segera menikmati indahnya ramadhan bersama si dia. :)

    Sukses terus ya Kak, salam lebaran juga. Mohon maaf lahir batin..

    Salam..

    ReplyDelete
    Replies
    1. minal aidzin wal faidzin juga mas kopiah putih

      Delete
  8. anak rumahan malah pertanda anak baik-baik yang ga suka keluyuran malam, hehe...

    met lebaran, bu
    bagi-bagi opornya dong
    kirim ke pedalaman barito, bisa..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tradisi disini belum ada opor ayam pas lebaran idul fitri gini bang rawins ...baru nanti kalo riyoyo kupatan baru bikin deh ..

      Delete
  9. yang utama mbak Nia tetap semangat 45 tetap dijaga...

    BILIH AYA LANGKUNG SAUR BAHE CAREK, KACIWIT KULIT KABAWA DAGING, TUNGGUL DIRURUT CATANG DIRUMPAK, NYUNGKELIT ATI TEUGENAH MANAH MUNDUT PANGAMPURA, WILUJENG BOBORAN SHIAM 1434H HAPUNTEN SAMUDAYA KALEPATAN .. MANG YONO DAN KELUARGA

    TAQOBBALLAHU MINNA WA MINKUM. TAQOBBAL YA QARIM KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti mang ...

      maaf lahir bathin nggeh mang

      Delete
  10. dibalik itu pasti ada hikmahnya ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hikmah selalu muncul belakangan mang ... semangat

      Delete
  11. minal aizdin walfa'izdin
    mohon maaf lahir dan batin,,,
    met lebaran mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama ya mbak maya, maaf lahir bathin ... met lebaran juga mbak

      Delete
  12. kami segenap jajaran dan keluarga besar uye

    Mengucapkan minal aidin walfaizin ,mohon maaf lahir batin

    ReplyDelete

Aturan berkomentar disini
1. Bebas tapi sopan.
2. Jangan Menyertakan Link Hidup

 
Top