Roti Kukus Karamel
Hai sahabat ND .... chef room kali ini akan berbagi resep cara membuat Roti Kukus Karamel yang enak.  Resep ini saya dapatkan dari ibu nih, karena sejak saya masih kanak-kanak, seringkali ibu membuat kue kukus ini untuk jajanan di waktu libur sekolah atau hantaran ke rumah saudara. Nah langsung saja simak cara membuat roti kukus karamel berikut ya :


Bahan Untuk Membuat Karamel

75 gram gula pasir 
100 ml air





Bahan Untuk Membuat Roti Karamel

25 gram minyak goreng 
200 gram putih telur 
1/4 sendok teh garam 
1/2 sendok makan emulsifier (sp/tbm) 
75 gram gula pasir 
100 gram tepung terigu protein sedang 
25 gram cokelat bubuk 
25 gram susu bubuk 
1/2 sendok teh baking powder 
Cara Membuat Roti Kukus Karamel

Sebelum kita mengolah bahan-bahan lainnya. Kita harus membuat karamelnya terlebih dahulu. Cara pembuatan Karameladalah gosongkan gula pasir. Tuang air sedikit-sedikit sambil diaduk sampai larut. Angkat dan dinginkan.

Setelah itu barulah kita mengolah bahan-bahan untuk dasar rotinya. Pertama, kocok putih telur, garam, dan emulsifier sampai setengah mengembang. Kemudian tambahkan gula pasir sedikit-sedikit sambil dikocok sampai mengembang.Lalu masukkan tepung terigu, cokelat bubuk, susu bubuk, dan baking powder bergantian dengan sebagian karamel sambil diayak dan diaduk rata. Tuangkan sisa karamel dan minyak goreng. Aduk-aduk perlahan. Tuang di cetakan yang telah diolesi mertega/minyak goreng.Kukus 20 menit dengan api sedang. Angkat dan sajikan.


2 komentar:

Aturan berkomentar disini
1. Bebas tapi sopan.
2. Jangan Menyertakan Link Hidup

 
Top