cokelat Garut
Cokelat - Assalamualaikum  ..... ini edisi postingan yang sangat mencerminkan saya banget, ya ... hehehe, sedikit sharing tentang cokelat dan manfaatnya boleh khan ? Idenya sih berawal dari hari sabtu lalu, saat suami pulang membawa oleh-oleh dari Tuban. Dan diantaranya  si manis kesukaan saya, Cokelat. Kali ini giliran cokelat dari Garut yang mampir ke mulut saya. Lho kok Garut sih ??? jadi begini ceritanya, kebetulan Ibu Mertua saya baru saja pulang dari Garut menghadiri pernikahan sepupu suami saya, dan oleh-oleh cokelat Garut ini dilimpahkan pada saya. Meski produk lokal, Cokelat Garut ini lumayan menggoda yaa, pada Cokelat Garut ini, ada sensasi jeruknya di dalam potongan cokelatnya, rasanya creamy creamy gitu. Setelah baca-baca di berbagai sumber, cokelat jenis ini kabarnya sudah menembus pasar internasional, sukses deh. Terlepas dari itu, cokelat ternyata banyak juga manfaatnya lho, yaitu  sebagai Obat Penenang Hati  :

Ngomongin Cokelat, sejak masih anak-anak saya udah suka banget makan cokelat. Bahkan seringkali saya tidur dengan endapan cokelat di mulut saya, hehehe. Sulit menggambarkan rasa cokelat itu gimana, yang pasti saya suka sensasi cokelat manis pahitnya. Coba aja sobat makan cokelat, nikmati prosesnya, begitu masuk ke mulut, lemak dari cokelat tersebut akan segera melumer, rasanya yang lembut dan khas dapat meningkatkan aktifitas otak lho. Itu sebabnya dikatakan Cokelat bisa menenangkan hati, karena ketika kita menikmati cokelat, titik lelehnya ada di bawah suhu normal kita. Makanya sejak jaman dulu, ketika mood lagi jelek saya suka banget makan cokelat (apalagi pas datang bulan, hehehe ....bawaannya kan pengen  marah-marah nggak jelas).

Manfaat cokelat lainnya adalah ...

1) Obat Pengusir Kantuk

Cokelat mengandung theobromine dan kafein. Kedua substansi ini telah dikenal memberikan efek terjaga bagi yang mengkonsumsinya. Oleh karena itu ketika sobat terkantuk-kantuk di bandara atau menunggu antrian panjang, makan cokelat cukup manjur untuk membuat kita bergairah kembali.

2) Obat Awet Muda

Katekin adalah antioksidan kuat yang terkandung dalam cokelat. Salah satu fungsi antioksidan adalah mencegah penuaan dini yang bisa terjadi karena polusi ataupun radiasi. Katekin juga dijumpai pada teh meski jumlahnya tidak setinggi pada cokelat. Orang tua jaman dahulu sering mempraktekkan cuci muka dengan air teh karena dapat membuat kulit muka bercahaya dan awet muda. Seandainya mereka tahu bahwa cokelat mengandung katekin lebih tinggi daripada teh, mungkin mereka akan menganjurkan mandi lulur dengan cokelat.

3) Baik Untuk Kesehatan Jantung

 Sepertiga lemak yang terdapat dalam cokelat adalah asam oleat yaitu asam lemak tak jenuh. Asam oleat ini juga dominan ditemukan pada minyak zaitun. Studi epidemiologis pada penduduk Mediterania yang banyak mengkonsumsi asam oleat dari minyak zaitun menyimpulkan efek positip oleat bagi kesehatan jantung.

 Poin-poin diatas hanyalah sebagian kecil dari manfaat cokelat. Manfaat lainnya silahkan sobat tanya sendiri deh sama mbah Google ... hehehe

Semoga bermafaat yaa ....


Referensi :  http://indonesiaindonesia.com/f/9154-manfaat-coklat-kesehatan/
 




88 komentar:

  1. Wah ternyata coklat bisa menghilangkan kantuk juga ya,,,
    yang saya tahu coklat bisa menghangatkan badan kalo lagi dingin,
    saya suka coklat, tapi kalo uda makan coklat suka muncul jerawat..

    ReplyDelete
  2. Zuper info mbak btw cokelat selain nikmat manfaatnya banyak juga yah, awet muda boleh. ABG tua hehehe

    ReplyDelete
  3. maya juga suka makan cokelat kak,,,,
    bisa ngilangin stress jga lho

    ReplyDelete
  4. owh baru tau saya coklat selain enak bisa buat ngusir kantuk, ngusir nyamuk bisa gak mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dong ... mkan coklat smbil berburu nyamuk.:-P

      Delete
    2. coklatnya dicampur baygon kalii

      Delete
    3. di campur bensin sama solar

      Delete
    4. coklatnya buat luluran, dijamin bebas nyamuk

      Delete
  5. coklat memang bisa menyebabkan anak mencret, gak percaya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. efekny hmpir sama kyak kopi ... tp kopi lebih berat ..

      Delete
    2. kopi lebih item ya keluarnya,
      ini khusus ruangan saya mas, tapi siapa saja boleh masuk

      Delete
    3. Ayo ayo baris dulu ya semuanya ...

      Delete
  6. huaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa aku juga mau mba .
    huhuhu mba nia ga bagi" nih :P

    selain itu, cokelat juga obat galau paling ampuh mba .
    hohohoho

    ReplyDelete
  7. Saya sudah sering mendengar berbagai macam khasiat dari Coklat ini. Anak anak saya juga suka coklat mulai dari susu coklat sampai kepada coklat itu sendiri. Saya cuma kuatir karena coklat itu lekat di gigi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya paklek asep ... biasakan sikat gigi sbelum anak2 tidur ... jgn meniru saya lho mkan coklat trus tidur

      Delete
    2. kang asep hobi barunya makan klepon sebelum tidur. ikutan saya

      Delete
    3. awas nanti kelet di gigi seri

      Delete
  8. Coklat memang kesukaanku tapi itu dulu,, heheee
    Karena sekarang dah ndut,, jadi takut dech ntar semakin NDUTT,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. salah pilih coklat kali mbak ... hehe

      Delete
  9. tp kalau cokelat sekarang banyak variasi nya apa masih tetep menjaga manfaat nya ya, hehehe...
    btw, saya sudah follow mba, follback yah..
    terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener bgt mba ... mkin bnyak cmpurannya... tp kualitas cokelat kn sngat terasa setelah kita mkan... jd pilih2 aja deh yg agk pahit khas coklat ... ok mba sgra folbek

      Delete
  10. ternyata coklat banyak manfaatnya... terimakasih sudah berbagi

    ReplyDelete
  11. saya termasuk penggemar cokelat mbak. cuma bentuknya minuman. saya paling suka minuman cokelat panas. soalnya saya punya feeling, minuman ini kayaknya minuman surga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul bgt bang ... smpe saat ini saya msh minum susu coklat lho

      Delete
    2. saya dong air putih, hebat kan

      Delete
    3. saya donk minum teh poci... keren kan.

      Delete
    4. diantara yang keren dan hebat, saya yang paling nguing-nguing

      Delete
    5. Nguing nguing itu bunyi tawon mba ..

      Delete
  12. Terimakasih mbak Nia telah berbagi artikelnya, tapi bukankah kalau kebanyakan makan coklat bikin gendut,dan giginya cepet gigis dan ompong mbak? heheheh:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. buktinya saya gk gendut kok mas boku .. klo gigis saya prnah waktu ank2 dlu ... hehe

      Delete
  13. Kunjungan perdana mbak ...
    Ada satu kerugian coklat lho mbak ...
    Makan terlalu banyak coklat bisa membuat kantong kering ... he he he

    ReplyDelete
  14. saya paling suka banget sama yang namanya coklat.
    saya sering dapet kiriman coklat dari luar negeri.. mantep banget deh..:D

    ReplyDelete
  15. tapi kalau WS makan coklat ko suka jadi skit kepala ya...kadang2 tapi

    ReplyDelete
  16. diantara sekian banyak manfaat coklat, ada juga dampak negatifnya. Pernah suatu kali ketemu dengan seorang pasien di RS di Pekanbaru, sakitnya unik, dia ketagihan makan coklat, kecanduan akut...sampe2 waktu hamil dia mengalami keguguran....dan sampe bertahun-tahun belum bisa hamil lagi, kata dokter,ini efek dari salah satu zat yang terkandung dalam coklat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu mbak ... Di dalm coklat trkndung cafein mbak, wktu hayyu diare, sy jg dilarang mkan coklat sm dokter, wktu hamil gk prnah makan coklat kecuali susu hamil rasa coklat, bawaan bayi kali yaa, makan coklat bikin neg ... Apapun itu kalo berlebihan ya memang jelek mba ...

      Delete
  17. Replies
    1. upss .. itu coklatnya mas boku yaa ... tnggal bngkusnya nih

      Delete
  18. itu pst coklat yg dilempar sy kan mba??? muehehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. justru saya lagi menunggu kiriman coklat dari mba sun :)

      Delete
  19. Sayaaa jugaa suka bangeet makaan coklaat mbaaak. Bisa bikin mood lebih baaik. Hehehe. .

    Oiyaa coklat garut juga ada yg strawberry mbaak enak bingitss. . Hehhee

    ReplyDelete

Aturan berkomentar disini
1. Bebas tapi sopan.
2. Jangan Menyertakan Link Hidup

 
Top