Kemplang goreng


Nama camilan khas Tuban ini memang Kemplang, mungkin bagi sebagian orang namanya amat lucu ya. Kemplang. Kalo dibawa ke Mojokerto nama Kemplang sangat erat kaitannya dengan tindak kekerasan, bener nggak ? Ngemplang, hahaha. Saya sih nggak tahu dengan jelas apa alasannya sehingga camilan ini dinamakan Kemplang. Yang jelas, camilan ini sering banget di bawa suami pulang ke Mojokerto buat oleh-oleh. Biasanya sih suami saya membawa camilan ini dalam bentuk banyak sehingga saya selalu membagikannya dengan saudara dan juga para tetangga. Kadang juga saya bawa ke tempat kerja. Nggak mungkin kan saya makan kemplang 2 kilo sendirian (hehehehe). Kebetulan Ibu mertua saya selalu memesan kemplang baik ketika suami pulang ke Tuban sendiri ataupun bersama dengan saya dan Hayyu. Dan ternyata, si pembuat camilan Kemplang ini banyak juga ya di tempat asalnya. Sama juga kalo di Mojokerto ada pembuat samiler/opak atau kerupuk rambak. Makanya jenis camilan ini termasuk yang laris manis di pasaran.

Awalnya, suami saya membawa jenis makanan ini  rasanya agak keras dan mlempem gitu. Eh ternyata pengolahannya berbeda. Ada yang dipanggang ada juga yang digoreng. Orang Tuban sendiri sangat menggemari jenis camilan ini. Tetapi menurut orang Mojokerto sendiri, saya misalnya, hehehe, Kemplang ini mirip dengan pastel tapi adonannya dibikin agak pedes. Nggak tahu juga sih, itu hanya perkiraan saya aja. Nanti deh saya tanya sama ahlinya. Yang jelas camilan ini renyah dan berasa agak pedes gitu. Kalau penasaran, bisa dicoba tuh. Mampir aja ke Tuban kalau ada waktu atau cari penjual camilan Kemplang online aja.



1 komentar:

  1. perlu dicoba nih ... tpi mw beli jauuuuh ,,,
    adanya dituban ,.,,hehe

    ReplyDelete

Aturan berkomentar disini
1. Bebas tapi sopan.
2. Jangan Menyertakan Link Hidup

 
Top