Asal Usul Onde-Onde khas Mojokerto- Assalamualaikum sobat, sebelumnya ini bukan ruang Chef Room, jadi saya nggak akan bagi-bagi resep cara membuat jajanan onde-onde yang merupakan jajanan pasar khas Mojokerto (asli: belum bisa bikin kue ini, hehehe). Mungkin banyak yang bertanya-tanya kenapa Mojokerto terkenal dengan onde-ondenya, disini saya akan sedikit share tentang Asal Usul Onde-Onde. 


Onde-onde khas Mojokerto


Onde-onde adalah sejenis kue jajanan pasar yang sangat terkenal di Indonesia. Apalagi di kota kelahiran saya, Mojokerto. Kue ini selalu ada disetiap acara-acara penting keluarga,  seperti pernikahan, khitanan dan juga selamatan. Karena itu nggak heran kalau di Mojokerto banyak sekali penjual onde-onde. Nggak hanya di pasar-pasar tradisional. Tapi juga di toko-toko kue yang tersebar di kota Mojokerto. Nah yang jadi pertanyaan, kenapa onde-onde bisa menjadi ciri khas Mojokerto yaah, seolah-olah Mojokerto adalah tempat lahir kue jajanan ini berasal. Saya sendiri nggak mengetahui asal-usul aslinya seperti apa, tapi menurut embah saya dulu, onde-onde sudah ada sejak zaman Majapahit. Menurut sumber yang saya himpun dari wikiwedia, Onde-onde memang menjadi khas Mojokerto setelah dibawa oleh para pendatang dari Dinasti Tang yang datang berdagang ke Majapahit, dimana makanan kue resmi daerah Changan (sekarang Xian) yang disebut ludeui. Sehingga makanan ini tersebar dan menjadi sangat terkenal di berbagai daerah di Indonesia.

Onde-onde ini terbuat dari tepung terigu ataupun tepung ketan yang digoreng atau direbus dan permukaannya ditaburi dengan biji wijen. Terdapat bermacam-macam variasi, yang paling dikenal adalah onde-onde yang terbuat dari tepung ketan dan di dalamnya diisi pasta kacang hijau. Variasi lain hanya dibuat dari tepung terigu dan diberi warna pada permukaannya seperti putih, merah, atau hijau yang dikenal sebagai onde-onde gandum, yang merupakan onde-onde khas dari saya Mojokerto. Onde-onde dapat ditemukan di pasar tradisional maupun dijual di pedagang kaki lima. Onde-onde ini juga populer khususnya di daerah pecinan baik di Indonesia maupun luar negeri.

Demikian sobat, sharing saya tentang Asal-usul Onde-onde khas Mojokerto, semoga bermanfaat yaa ....
#kunjungi Mojokerto yukk#


Referensi :http://id.wikipedia.org/wiki/Onde-onde


94 komentar:

  1. Owh.. gitu toh asal usul onde-onde mojokerto.

    kenapa dulu ko' nggak dikasih nama endo-endo aja ya. kenapa onde-onde..?

    *bingung

    ReplyDelete
    Replies
    1. endo endo itu epok epok, atau dalam bahasa tuban hawat hawat

      Delete
    2. epok-epok itu kalau mau nina bobokin anak bayi, trus pantatnya diepok-epok

      Delete
    3. itu di pok pok mbak, hehee
      epok epok ya pura pura

      Delete
    4. wah dri jatim smua ya, hehe
      tetanggan bararti saya dri bojonegoro, slm knal

      Delete
  2. Replies
    1. yo suka tho lha wong yg bikin istri dewe.. apa mau nggak dimasakin entar hehehe

      Delete
    2. hehehe...rasanya gini mas.. asin-asinya gak kayak kemarin enak sekali.hehe

      Delete
    3. Mas@ jatah onde2 sy kok d mkan
      mas budi @ blng gak suka .. Panci melayang
      mbk khusna @ kringet kan asemm

      Delete
    4. hahaha rasanya asin karena yang buat habis ngeblog di atas panci jadi keringatan...hehhe

      Delete
    5. halahh suami istri ini kompak juga kalo pas jorok

      Delete
  3. jadi pengen nih kueh onde - onde ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikin kepleset kalau lumuten------------licin

      Delete
    2. mang yono @ sy juga pngen mang

      ande2 lumut kale

      Delete
    3. iya bikin clingak celinguk wangi biji wijennya

      Delete
    4. kalau saya yang bikin seneng itu tiap bangun tidur ada onde-onde

      Delete
  4. anak botak banyak kutunya apa hayoooooo ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. kramas Pak, biar kutunya ilang...

      Delete
    2. onde onde tentunya.... horeee mamang bisa jawab eheheh

      Delete
    3. hadiahnya bisa dimabil di panitia

      Delete
    4. ya panitianya mamang deh... waduh berarti podo wae heheheh

      Delete
  5. Pesen 2 biji dong onde2nya...entar ditransfer via rekening KPK...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau cuma dua biji aja gampang lah mas, pasti sudah tersedia disekitar mas budi kan,

      Delete
    2. kalau cuma 2 biji, habis diembat kurirnya Pak, nggak nyampe tujuan deh...pesen sak kontiner gitu.

      Delete
    3. mas budi @ boleh bgt, transfer ke KPK 2 juta ya, dpt onde2 mojokerto 2 biji
      mas @ kan bukan onde2 mojokerto
      mbak khusna @ di jual lg yaa

      Delete
    4. seribu tiga mas... dua biji tanggung, kasihan satu lagi ndak ada temennya

      Delete
    5. onde2nya laris ya mang, tnggal 3 biji

      Delete
  6. kalau di desa saya populer dengan onde-onde ceplus, apa juga sejenis tu mbak?
    kalau saya paling gemes dengan sensasi nya yang alot-alot gimana gitu, suka susah ditelan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu onde2 kecil yg di oven ya mbak, sy juga suka dengan sensasi yang alot2 gmana gtu ... tp yg ini beda kok, onde2 yang basah kok, bikinnya digoreng

      Delete
    2. iya, kalo yang itu kemriyik

      Delete
  7. membayangkan onde-onde masih anget..yumii tentunya

    ReplyDelete
  8. aku suka banget dg onde-onde apalagi yg dikulitnya tebal dg wijen jadi gurih banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. soal makanan mbak anisayu nggak pernah berpuisi ya ...

      Delete
    2. mantap puisinya mbak anis.... top deh

      Delete
  9. onde-ondeee..jadi ingt waktu kecil,jualan makanan ini..xixixixi

    ReplyDelete
  10. Onde2 jajanan kesukaanku dari kecil sampai sekarang,

    ReplyDelete
  11. Replies
    1. nah mampir lagi nih.. selamat datang..

      Delete
    2. duduk dlu mbak ... onde-ondenya msh panas nih

      Delete
    3. trus dicat pake cat tembok yaa

      Delete
  12. saya gak suka onde-onde kecuali klo di paksa ya udahlah saya mau..

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi di depan lagi anget-angetnya , kalau saya sih tidak usah dipaksa tdak usah di suruhpun saya mau

      Delete
    2. mbak, mas agus sekali-kali jangan dibuatin ngapah

      Delete
    3. nnti nangis bang .. gmna coba

      Delete
  13. Saya suka Onde-Onde Mbak Nia, palagi waktu sekolah dulu teman dari Mojokerto bawain Onde2 khas Mojokerto.
    Sambil makan Onde2 nyanyi "Onde2 isine kacang, lambe ndomble kecepit lawang " heheheh :)

    Oishi....Onde2 bikin Ganbatte..!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha ... coba nyanyinya di bahasa jepangkan Mas boku, pasti tambah seruu

      Delete
    2. ohh jadi mas Boku bekas tentara jepang??

      Delete
  14. diwarung dekat kantor, ada jual makanan seperti ini, kue bulat ditaburi kismis dan isinya gula aren, kalo sore sering aku makan ditemenin kopi di warung ini, nunggu jam pulang. biasa aku menyebutnya kue bulat, rupanya namanya onde2 toh,....

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan deh Bang. itu mah dadar gulung. halahh, tambah bukan

      Delete
  15. onde-onde itu nek yang jual bakul tenongan, mantep banget.
    tapi kalo ondel-ondel yang jualan, ya nggilani to

    ReplyDelete
  16. onde onde isine kacang.. lambe ndomble kecepit lawang.. hahahaha wah ternyata onde onde dari luar ya sob hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. lagu itu trnyata lg booming y om .. haha

      Delete
  17. huuuaaaaaaaaa aku jadi mau nih mba nia,,
    hayo tanggung jawab kirimin ke sini :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke mbak ... siap dkirim by mms dehh :-D

      Delete
  18. kenapa gak onde mande aja, wkwkwkwk

    ReplyDelete
  19. ternyata onde-onde di inggris namanya on day - on day ya?

    ReplyDelete
  20. Kirim dong mbak ke Pasuruan,,,,jadi kepengen nih yang asli dari Mojokerto hehehe

    ReplyDelete
  21. boleh nih dipaketin...
    delivery service, halo-halonya nomor berapa ya?

    ReplyDelete

Aturan berkomentar disini
1. Bebas tapi sopan.
2. Jangan Menyertakan Link Hidup

 
Top