Mie goreng jawa sederhana

Assalamualaikum .... 
Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi Resep Mie Goreng Jawa Sederhana.  Berbicara tentang Mie sudah sejak lama saya menyukai semua makanan yang berbahan dasar Mie. Bahkan seminggu sekali, saya dan suami selalu menyempatkan wisata kuliner Mie Ayam  di berbagai warung yang kami temui. Kebiasaan kuliner Mie ayam ini bermula ketika saya hamil muda, dan entah kenapa terbawa sampai sekarang. Sebenarnya saya jarang memasak Mie Goreng Jawa ini, tapi karena tiap kali suami saya pulang dari Tuban, sering membawa oleh-oleh Mie Telur, akhirnya saya sering membuat Mie Goreng Jawa dengan cara yang sederhana.

Mie Goreng Jawa memanglah sangat populer dibandingkan dengan Mie goreng lainnya (apalagi Mi Instan, hahaha). Rasanya lezat dan nikmat, cocok banget bila dinikmati di musim hujan (apa hubungannya coba ... hahaha). Tapi yang pasti biasanya Mie Goreng Jawa ini disajikan dengan suwiran ayam yang khas, penyajian Mie Goreng Jawa yang seperti ini banyak kita temui di warung-warung yang menyajikan Nasi Goreng pasti ada pelengkap menu Mie Goreng Jawa Spesial dengan suwiran ayam yang menggoda lidah. Tapi yang saya bagikan disini adalah Resep Mie Goreng Jawa Sederhana ala saya yang penyajiannya tanpa suwiran ayam. Yuk, langsung saja kita siapkan bahan-bahannya dan cara pembuatan Mie Goreng Jawa Sederhana ini.

Bahan dan Bumbu Mie Goreng Jawa Sederhana

1 Bungkus Mie Telur
(rebus, tiriskan dan campur dengan sedikit minyak biar nggak lengket)
1 ikat daun sawi
(cuci, potong dan pisahkan batang dan daunnya)
3 sendok kecap manis
1 sendok minyak goreng
Garam dan lada  secukupnya

Bumbu Iris Mie Goreng Jawa Sederhana

4 siung Bawang Merah
4 siung Bawang Putih
1 buah Tomat
3 biji cabe rawit

Cara Membuat Mie Goreng Jawa Sederhana

Panaskan wajan yang udah di kasih minyak goreng, tumis bumbu iris sampai wangi. Masukkan irisan batang sawi tadi yang udah dipotong-potong, aduk rata sampai setengah layu. Lalu beri sedikit air sekitar 3 sendok makan. Tambahkan garam dan lada. Baru kemudian masukkan mie telur yang telah direbus sebelumnya, beri kecap lalu aduk hingga rata. Dan yang terakhir masukkan daun sawi yang dipotong-potong tadi. Angkat dan sajikan jika sudah cukup matang. Taburi dengan irisan bawang merah goreng. Siap Disajikan

Demikian sobat, sharing saya tentang Resep Mie Goreng Jawa Sederhana, selamat mencoba dan semoga bermanfaat yaaa...

Salam Chef Room



66 komentar:

  1. sayangnya aq sukanya Tempe Penet heheh. wah dapat istri kyak ginian yang enak,ni bisa masa dan bisa segalanya kapanya xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. baru denger ada tempe penet :P

      Delete
    2. klo tempenya penat di penyet aja.. heheh

      Delete
    3. Ahaiiiiiiiiiiiiiiiiiii terima kasih atas resepnya mba. Saya dan istri sering berexperimen membuat Mie Goreng Jawa dari buku Resep loh. Nah ini ada resep lagi mau dicoba lagi semoga hasilnya bisa lebih lengkap dan saling melengkapi hiehiehe. Duh duh jadi laper

      Delete
    4. wahh seneng yaa masak berdua sm istri .. iya paklek asep selamat mncoba dehh

      Delete
  2. Jadi ngiler lihat masakan di imagenya mbak...laparrrr. Kebetulan sy mau belajar masak siapa tahu lihat resep masakannya mbak jd pintar masak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ydah ntar aq bawain ember kalu ngiler'y conk xixixi

      Delete
    2. mas Fian @ ayoo maen game masak-masakan :P

      Delete
    3. pak polisi lucu ya maen game masak2 an haha

      Delete
    4. coba saya bisa masak telur rebus sambal goreng cap kapak

      Delete
  3. Anak saya yang pertama paling suka makan mie, apalagi mie goreng jawa waaaah..

    ReplyDelete
  4. KALAU SAYA Bacanya pagi pagi kayak gini jadi laper perut saya mbak, hehehehe !!

    ReplyDelete
  5. Di Bogor ada yang enak banget jualan mie jawa, Mbak. pernah masuk di acara wisata kuliner.
    Bakmie Pak Karso, itu ngedab-edabi rasanya loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wihh pasti mantap yaa bang zach
      Saya nggak nolak lho kalo bang zach hatinya tersentuh untuk mengirimi saya bakmie :-D

      Delete
    2. saya nanti pesankan ke Mas Agus Setya buat beli di jalan, buat Mbak Nia. Itu saya klaim, dari saya. haha

      Delete
    3. sy nggak dikirimin juga nih kang hehehe

      Delete
    4. saya juga mau mie goreng pentol

      Delete
  6. enak.. nih mbak, sedapp.. saya lebih suka tanpa nasi haha.

    ReplyDelete
  7. Wah sederhana caranya, saya juga kayanya bisa hehe..

    ReplyDelete
  8. wah kesukaanku banget tuh...nasgor jawa pedes... wow.. bikin lapar nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. pelanggaran ... ketahuan gak baca... ni lagi bhas mie goreng kok nasi goreng... huh

      kartu merah :-P

      Delete
  9. wah aku gak suka, sukanya sambal goreng mie suun, sama pentol goreng ehehe...

    ReplyDelete
  10. jadi pengen mi goreng

    hmmm masak sendiri ach sekarang juga

    ReplyDelete
  11. Dicampur Ubi atau Kentang dari Boku no Blog,  Ĕňǎ̜̣̍
    κ̣̝̇
    κ̣̝̇
     nggak ya Mbak Nia? Heheh :)

    ReplyDelete
  12. "WooW".. mie goreng seleraku hehehe jadi lapernih sob saya.. minta dikit donk mie goreng nya..?

    ReplyDelete
  13. wa'allaiqumsalam....
    saya baru liat gambarnya, kira kira enak ngga yah masakannya bu Nia?!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak dong pakdhe krn msaknya dgn cinta hahaha

      Delete
    2. kalo yang masak pakde, baru tuh ketauan lain. hihi

      Delete
  14. wah pagi hari gini, udah ade mi goreng jawa,... mmmm yummi, @jadi lapar,,

    ReplyDelete
  15. yang sederhana saja tampilan mienya sudah sangat menggoda selera,
    apalagi kalau yang istimewa ya....jadi laper beneran nich :-)

    ReplyDelete
  16. yummy banget nih, jadi lapar, hehe...

    salam kenal yah mbak Nia, sukses follow di #55, salam persahabatan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, slm kenal jg yaa ... Sgra folbek :)

      Delete
  17. kayaknya uenak nih,,tar saya coba deh..

    makasih infonya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sm2 ... cwo skrng pd suka bljr masak ya

      Delete
  18. Hmm... Enak nih kayanya? Jadi pengen nyoba buat, terimakasih mba resepnya.

    Hehe

    ReplyDelete
  19. rasanya enak sekali asin-asinya gak seperti kemarin pas banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kalau masak lagi komennya tetep, asin-asinya pas gak kayak kemarin

      Delete
  20. 7000 niasanya buat harga sepiring mie goreng jawa

    ReplyDelete

Aturan berkomentar disini
1. Bebas tapi sopan.
2. Jangan Menyertakan Link Hidup

 
Top